Disnakan Siapkan Bantuan Bibit Ikan

Disnakan Siapkan Bantuan Bibit Ikan

\"Ary,

CURUP, BE - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong mengusulkan bantuan bibit ikan untuk 80 kelompok peternak ikan di Kabupaten Rejang Lebong. Usulan tersebut disampaikan ke APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2016.

\"Kalau untuk usulan, kita usulkan untuk 80 kelompok, namun untuk yang disetujui, kita masih menunggu pengesahan APBD Perubahan,\" ungkap Eby.

Dijelaskan Eby, bila memang nanti usulan anggaran tersebut diakomodir, maka bantuan tersebut akan diberikan kepada kelompok-kelompok perikanan yang ada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Diungkapkan Eby, bantuan bibit ikan ini nantinya akan diprioritaskan untuk kelompok pemula yang akan mengembangkan ekonomi berbasis masyarakat dalam bidang perikanan di setiap desanya. Dimana menurut Eby, dalam setiap kecamatannya bisa 5 hingga 6 kelompok yang bisa dibantu.

\"Meskipun nanti, tidak semuanya diakomodir, kita juga memaklumi karena anggaran kita tidak banyak sedangkan kebutuhan kita cukup banyak, seperti pada bidang pendidikan,\" jelas Eby.

Dalam kesempatan tersebut, Eby juga mengungkapkan, selama ini Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong telah memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong. Namun bantuan yang mereka berikan merupakan pengembangan dari balai benih yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan adanya pengusulan anggaran melalui APBD Perubahan ini sendiri, menurut Eby berdasarkan petunjuk Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi, untuk dianggarkan khusus, sehingga semakin banyak masyarakat atau kelompok tani yang dibantu.

\"Bila memang di APBD Perubahan ini belum diakomodir, maka akan kita usulkan pada tahun 2017 mendatang, karena ini merupakan bagian dari program yang diusung pak bupati, yaitu bantuan bibit gratis, termasuk bibit ikan ini,\" jelas Eby.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: